PERSIAPAN LOMBA DUA BULAN, MODAL HANYA Rp 350 RIBU

Kelompok SMKN 4 jember juara festival seni internasional 2012

Dunia teater di jember terus menggeliat. 1 hate teater, kelompok teater milik SMKN 4 jember, berhasil mengukir prestasi cemerlang. kelompok ini menjadi juara dalam festival seni internasional 2012.

TIADA yang menyangka bahwa 1 hate teater bisa jadi jawara dalam festival seni internasional 2012 yang diselenggarakan di pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan kependidikan (p4tk)  seni dan budaya jogjakarta. ” hanya kami berempat pemain yang dapat juara,” ujar taufan p. putra, staf pengajar SMKN 4 jember, pembina teater SMKN 4 jember saat menemani jawa pos radar jember berbincang. bersama taufan ada tiga orang pelajar sekolah itu yang juga pemain teater mereka adalah bambang wandi ( kelas XII AK 3 ), M. izet ( XII AK 2 ), dan rian luqman wijaya ( XI AK 2 ). walaupun hanya berempat, mereka berhasil menulis prestasi gemilang. “masih tidak menyangka menjadi juara. tanggal 10 oktober ( hari ini, red ) mau mengambil hadiahnya ke jogja,” jelasnya. i hate sendiri baru berumur dua tahun. teater di SMKN 4 mulai menggeliat saat taufan masuk sekolah tersebut sebagai guru seni, meskipun basic aslinya adalah guru pendidikan ekonomi. namun, ke-cintaannya kepada seni membuatnya tergerak untuk mendirikan ekstrakurikuler teater di sekolah tersebut. untuk menghadapi even yang digelar lembaga dibawah naungan kementrian pendidikan dan kebudayan itu, taufan hanya memiliki wktu dua bulan bulan untuk melakukan persiapan. terutama, untuk membuat demo cd dan naskah, sebelum di kirim ke panitia penyelenggara

pengiriman cd dan naskah itu juga bisa dibilang iseng dan tidak terlalu berharap bisa menjadi juara. meski demikian, taufan berusaha melakukan yang terbaik demi sempurnanya karya pertunjukkan yang berjudul Mr. DJ ( sang modernitas ). diakui taufan, karya tersebut merupakan karya dirinya saat masih aktif sebagai mahasiswa dan menjadi anggota teater tiang fkip universitas jember ( unej ), dengan beberapa inprovisasi dan penyempurnaan. dana pembuatan cd dan naskah itu tidak banyak. “tidak banyak, hanya sekitar Rp 350 ribu,” ungkapnya. dana tersebut digunakan untuk membuat pertunjukan kecil – kecilan di sekolah yang mementaskan karya tersebut. pihaknya meminta bantuan murid – murid jurusan broadcasting untuk menyunting kegiatan tersebut. Mr. DJ bercinta tentang peran dajjal dalam bentuk lain. dia merupakan karakter bangsa dengan modernitas secara instan, sehingga membuat manusia berpikir pragmatis. dinamakan Mr. DJ karena dianggap familiar dengan anak – anak zaman sekarang. melalui tater, taufan ingin memberikan nilai positif guna memberikan bekal kepada generasi muda menghadapi peradapan modern dan mampu mempertahankan akar bangsa yang sebenarnya. dengan demikian, generasi muda bisa menyaring budaya dan teknologi yang masuk begitu cepat. suka atau tidak, menurut taufan, filter budaya itu kalah dengan pola pikir pelajar yang serba instan. apalagi, dipadukan dengan ekspresi mental, gerak, dialog dan musik yang pas, membuat karya itu memiliki nilai yang tinggi. di dalam karya itu juga dimunculkan nilai – nilai pendalungan seperti logat jenber yang unik. “ungkapan begh, misalnya,” kata taufan. di tambah dengan komedi seleptik asbrusditas, Mr. DJ semakin terlihat menarik. ramang mengatkan, dirinya juga kaget dengan capaian i hate teater itu. dia ikut teater awalnya hanya ingin menyalurkan hobi. “kalau jadi juara seperti ini ya senang,” yang di iyakan oleh rekan – rekan lainya.

meskipun masih seumur jagung, sudah ada karya yang dihasilkan i hate teater SMKN 4 jember dalam dua tahun ini. “sudah ada sekitar delapan karya pementasan,” kata taufan. saat ini kelompok teater ini mulai banyak murid lain di SMKN 4. dari tahun ke tahun jumlah anggota teater terus bertambah. kini jumlah anggotanya sekitar 25 orang. (c1 )

Debutan: taufan p. bersama tiga muridnya baru saja memenangkan festival teater internasional

SUMBER: RADAR JEMBER 10 OKTOBER 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s