SULTHAN BIMO RIZKULLOH, Peraih BRINZE MEDAL IMC 2012 di singapura

Sempat Grogi Hadapi Ribuan Kontestan

sulthan bimo rizkulloh, murid kelas VI SD Al furqon, jember, belum lama ini berhasil meraih bronze medal dalam international mathematic contest (IMC) 2012 di singapura. sambil berpuasa, dia berhasil menyalesaikan ratusan soal dan menyisihkan ribuan kontestan dari berbagai negara.

suasana di sebuah ruangan kelas di SD Al furqon, jember, terlihat tenang. seluruh murid tengah belajar matematika. namun, ada seorang anak sepertinya terlihat santai. “ya itu bimo, murid kita yang baru mendapat juara dari kontes matematika internasional di singapura,” kata abdul holik, kepala SD Al furqon, jember. sikap bimo itu memang sengaja dibiarkan oleh guru kelas. sebab, bimo memiliki kemampuan lebih di banding dengan teman-teman yang lain di bidang matematika. sehingga ketika pelajaran itu diberikan, bimo justru di beri kesempatan berada oleh para pengajar. karena bimo sedikit longgar, maka bocah kelas VI itu pun di panggil keluar dari ruang kelas. kemudian, di ajak bincang-bincang terkait dengan pengalaman ketika mengikuti IMC di singapura beberapa waktu lalu.

“gimana ya, senang aja punya pengalaman ikut contest di negeri orang,” katanya. bimo mengaku sempat gerogi juga saat mengikuti kontes tersebut. sebab, pesertanya sangat banyak. jumlahnya mencapai ribuan. “pastinya saya tidak tahu. tapi yang jelas pesertanya rinuan dan dari berbagai negara. saya sempat gerogi, tapi setelah di beri soal dan dikerjakan, langsung hilang geroginya,” ujarnya dalam kontes itu, peserta datang dari berbagai negara. selain dari singapura, ada yang dari indonesia, tiongkok, taiwan, thailand, india, malaysia, hongkong, dan sebagainya. “dalam kontes itu, indonesia mengirim 113 anak SD, 31 siswa SMP, dan 6 orang SMA,” katanya. acara itu digelar di global india international school, yang ada di queenstown, singapura 1-3 agustus 2012. kendati hanya tiga hari, persiapan bimo cukup panjang. untuk menjadi wakil indonesia ditempuh dalam waktu lama. seleksi dilakukan dari tingkat sekolah. lalu, berlanjut lagi hingga ke tingkat nasional. “saya menang di provensi dan menjadi wakil jatim di nasional,” ungkapnya. di jakarta bimo sukses menyisihkan beberapa pesaing dia lolos menjadi menjadi wakil indonesia. sejatinya, dua tahun lalu bimo sempat ikut dalam kontes ini. namun, dia kandas di tingkat provinsi. “saat itu saya masih di kelas IV SD. lawannya dari kelas VI semua. saya gugur di provinsi,” katanya. lalu, kontes kembali di gelar pada 2012. kali ini di selenggarakan di singapura. bimo mendaftar pada klinik pendidikan MIPA, sebuah lembaga perwakilan IMC union si indonesia. kali ini seleksi dilakukan dan bimo lulus menjadi wakil indonesia untuk bidang matematika tingkat sekolah dasar. meski menjadi wakil indonesia, bimo masih harus mengikuti persiapan di tingkat nasional. sebelum berangkat ke singapura, bimo menjalani pembinaan dua kali di bogor. pembinaan pertama dilakukan selama tujuh penuh dan kedua dilakukan empat hari. selain itu, dia berangkat ke singapura bersama kontingen indonesia lainnya. saat itu, dia mengaku senang. setelah tiba dilokasi kontes, sia grogi karena pesertanya sangat banyak. namun, dia berusaha menenangkan diri. di sebuah ruangan yang panas, bimo harus menyelesaikan soal yang jumlahnya ratusan. dia hanya diberi waktu tiga jam. “saat itu saya puasa. ruangan panas tapi saya tetap berupaya untuk menjawab seluruh soal yang di berikan panitia,” tuturnya. saat di umumkan para pemenang, bimo berhasil meraih bronze medal. mesji demikian, dia masih belum puas dengan capaian itu karena masih kalah dari kontingen tiongkok. bimo pun berjanji akan belajar lebih giat untuk mengikir prestasi lebih gemilang. (*)

GEMILANG: Sulthan Bimo Rizkulloh menunjukkan piagam dan medali yang diraihnya pada IMC 2012 di singapura

sumber : RADAR JEMBER 31 OKTOBER 2012

SULTHAN BIMO RIZKULLOH, Peraih BRINZE MEDAL IMC 2012 di singapura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s