Menempa Diri di Pembinaan Rutin Sekolah

raditiya rahmananda, peraih perak olimpiade sains nasional SD/MI

sempat tertatih – tatih dalam olimpiade sains di jember, raditya rahmananda berhasil meraih medali perak dalam olimpiade sains nasional ( OSN ) SD/MI di jakarta. murid RSDBI jember lor 3 yang meraih perak di bidang ipa mendapatkan kesempatan studi wisata ke makassar.

MENJADI pelajar berotak encer memang peluang untuk bisa menambah wawasan dengan lebih baik. ini pula yang dialami raditya rahmananda, murid RSDBI jember lor 3 patrang yang meraih medali perak dalam olimpiade sains nasional (OSN ) SD/MI di jakarta. atas prestasinya itu, raditya mendapatkan penghargaan dari dinas pendidikan ( Dispendik ) jember untuk mengikuti studi wisata ke makassar. raditya mengaku tidak punya trik khusus untuk meraih prestasi tersebu. putra pasangan holil lutfi dan khusnul khotimah itu mengandalkan ketekunannya dalam belajar. “saya memang rajin belajar. saya termotivasi karena di sekolah ada pembimbingan secara khusus,” kata raditya. RSDBI jember lor 3 rutin membimbing murid yang menonjol dibidang akademik. “meski tidak ada lomba, pembinaan terus dilakukan. kalau di rumah saya belajar dengan ayah,” ujarnya. ayah raditya adalah guru SMAN 5 jember. pembinaan di sekolah dilakukan setiap jum’at dan sabtu.

seleksi tingkat provensi dilakukan 20 – 22 april 2012. di hotel utami, sidoarjo. lalu, dilanjutkan dengan pembinaan pertama di tingkat provensi di hotel vicory, kota batu pada 1 – 3 agustus 2012, raditya ibina secara khusus oleh tim pembina provensi yang terdiri dari para dosen MIPA universitas negeri malang. pembinaan kedua dilakukan di PSBB MAN 3 kota malang mulai 30 agustus sampai 1 september 2012. baru, 2 september 2012 berangkat ke jakarta. pembukaan OSN dilakukan 3 september 2012 di padepokan pencak silat TMII. tes teori I dan teori II dilaksanankan 4 spetember 2012 di hotel bidakara jakarta. kemudian tes eksperimen di lakukan 5 september 2012 di tempat yang sama. sedangkan wisata edukasi dilakukan 6 september 2012 di taman safari cisarua bogor. raditya mengaku bersyukur mendapatkan medali perak OSN SD/MI. pasalnya, persaingan untuk masuk sepuluh besar nasional sangat susah. peserta harus menunjukkan prestasinya ditingkat kabupaten. menariknya, saat di jember, raditya sebenarnya hanya di peringkat empat. raditya bersama peringkat satu dan dua di tingkat kabupaten di kirim ke olimpiade di tingkat jatim, “ternyata di provinsi jawa timur saya yang lolos dari jember karena mendapatkan juara tiga di tingkat provinsi,” imbuh kakak dari rizdan zufar adyatma yang juga bersekolah di SDN jember lor 3. anak yang lahir di jember 23 oktober 2000 itu di kirim bersama juara satu dan dua olimpiade tingkat provinsi yang berasal dari malang. dia mengakui, keberhasilannya meraih perak tidak lepas dari dukungan semua pihak. “saya bersyukur kepada allah memberikan kesempatan untuk mendapatkan yang terbaik. saya berterima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan. terutama, dari keluarga, juga kepala sekolah, guru, dan teman – teman dari SDN jember lor 3,” imbuh adik kandung dari imas galuh anjani. nanang hidayat, salah seorang pembina di SDN jember lor 3 mengakui keberhasilan raditya tidak lepas dari sistem pembinaan yang dilakukan sekolahnya. “itu tak lepas dari pembinaan SD jember lor 3 jember. sistem yang kami terapkan terbukti banyak melahirkan murid berprestasi. salah satunya raditya yang meraih medali perak OSN dibidang IPA,” katanya. dia menambahkan, tiap pekan memberikan pembinaan secara khusus kepada murid yang berkompetensi. “pembinaan kami lakukan dua kali sepekan. meski tidak ada lomba, pembinaan rutin dilakukan,” tuturnya. (aro /c1 /har )

Jagoan IPA: Raditya Mahramanda mengikuti seleksi berjenjeng sebelum tampil di OSN SD/MI di jakarta

SUMBER: RADAR JEMBER 20 NOVEMBER 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s