Suparti, Berjauhan dengan Keluarga untuk Besarkan UT Jember

Usir Rindu dengan Melihat foto Keluarga

di era modern, perempuan tidak hanya di tuntut untuk memenuhi kebutuhan domestiknya sebagai ibu rumah tangga. Tetapai, peran – peran publik kini juga bisa diperankan dengan baik oleh sebagian kaum hawa. Salah satunya menjadi pemimpin perguruan tinggi, seperti suparti.

Dr Hj Suparti Mpd, kepala unit progam jarak jauh universitas terbuka ( UPBJj – UT ) jember kemaren tampak sibuk. Ketika ditemui jawa pos radar jember di kantor IPBJJ – UT jember di jalan kaliurang. Suparti sedang rapat dengan stafnya. Baru setelah setengah jam menunggu, suparti keluar. Suparti langsung mengajak masuk diruang kerjanya.

Suparti menjelaskan perjalanan karirnya hingga mendapat kepercayaan menjadi kepala UPBJJ – UT. Suparti mengaku awalnya karir sebagai dosen di Surabaya. “ sejak juli 1991 saya berdinas di UPBJJ UT Surabaya. Awaknya di FKIP UPBJJ – UT Surabaya,” ungkap perempuan kelahiran jombang 15 juni 1961 itu.

Alumnus IKIP Surabaya yang kini menjadi universitas Surabaya ( UNESA ) it5u mengaku mengabdikan diri full di UPBJJ – UT. Tidak ada kegiatan lain selain mengabdi di UPBJJ – UT. Karena pengabdiannya itu, istri dari H. Samsu Hadi itu dipercaya untuk mengembangkan UPBJJ – UT di jember.

Awal karir di UPBJJ – UT, ibu dari Ida Mei Wulandari ini menjadi dosen yang diperbantukan menjadi koordinator bantuan belajar dan layanan bahan lainnya. Nah, setelah berdinas di UPBJJ – UT jember, suparti mengaku harus berpisah dari keluarga. Sebab, keluarga dan anak semata wayangnya tinggal di Surabaya. Suaminya juga harus tetap tinggal di Surabaya untuk mengurus bisnisnya. “ dua minggu sekali saya pulang. Sekarang ini kegiatan sibuk, sudah dua bulan tidak pulang ke Surabaya,” ungkapnya.

Supati mengakui, sering di hinggapi rasa kangen dengan keluarga. Namun, suparti punya cara khusus untuk menghilangkan rasa kangen. “ kalu sudah lihat foto keluarga, rasa kangen hilang,” imbuhnya. Apalagi, sekarang alat komunikasi sangat canggih. Setiap saat bisa kontak melalui telepon seluler.

Selain dua minggu sekali pulang ke Surabaya, kadang suaminya berangkat ke jember. “ kalau suami longgar, dia mesti ke jember,” ungkapnya. Suparti kini tinggal di rumah seorang teman yang sudah menjadi keluarganya di jalan mastrip jember. Meski demikian, dia berharap tetap kumpul bersama keluarganya. Rencananya, suparti akan balik ke jombang setelah pensiun.

Karena sering bolak balik jember – Surabaya, suparti sering mengalami kendala transportasi. “ susah transportasinya, tidak ada bandara sehingga jember ke Surabaya harus enam jam. Susahnya kalau ada pertemuan di Jakarta harus menjadwal terlebih dahulu,” katanya. Bahkan, kadang suparti harus berangkat satu hari sebelum acara dimulai agar tidak terlambat sampai tujuan.

Selaku tenaga edukatif, suparti telah mendapatkan sertifikat profesi pendidik ( Serdos ). Suparti aktif bidang pendidikan dan pelatihan, penulisan karya ilmiah, pengabdian masyarakat, dan kegiatan penunjang tri dharma perguruan tinggi. Dalam bidang pendidikan, suparti mengampu mata kuliah yang diberikan secara online yakni mata kuliah pragmatic.

Dalam bidang pelatihan, suparti masih menyempatkan untuk memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah lainnya termasuk penulisan laporan penelitian tindakan kelas ( PTK ) kepada para guru TK/SD/SLTP/SLTA/pangkat. Kegiatan pelatihan PTK di lakukannya sebelum berpindah tugaskan ke UT jember yakni tergabung dalam tim diklat penulisan karya ilmiah dinas pendidikan jatim ketenagaan yang saat itu di pimpin oleh syaiful ranchman.

Jember bukan daerah baru bagi suparti. Sejak tergabung dalam tim diklat pelatihan karya tulis ilmiah jatim tahun 2005, suparti sudah sering memberi pekatihan di jember, banyuwangi, serta kabupaten lainnya sampai kecamatan – kecamatan. Semua di lakoni suparti dengan ikhlas berbagi ilmu dengan teman – teman guru yang memerlukan untuk mengembangkan diri dan menaikkan derajat keilmuannya yang dapat terdampak pada kenaikan jabatan/pangkat.

Sejak belum bertugas di jember, suparti terlibat pada beberapa kegiatan di lingkungan dinas pendidikan jatim. Antara lain, penilaian angka kredit bagi guru golongan IV, seleksi guru/kepala sekolah/pengawas sekolah berprestasi jatim, serta membina juara 1 provinsi untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional.

Saat ini, kegiatan tersebut mulai berkurang. Sebab, kini dia memiliki jadwal yang padat untuk sosialasi dan promosi UT di wilayah UPBJJ – UT jember yang berada di jember, banyuwangi, situbondo, bondowoso, dan lumajang serta beberapa mahasiswa dari probolinggo bahkan pasuruan.

Namun demikian, komitmen untuk berbagi ilmu kepada sejawat masih di pegang teguh. Jika tidak ada kegiatan tau pemantauan tutorial di UT, pada hari – hari libur suparti siap berbagi ilmu dengan teman – teman di sidoarjo atau jombang kota kelahirannya sambil menengok rumah yang telah ditinggalinya sebelum berpindah tugas ke jember.

Bertugasdi jember memberikan banyak pengalaman kepada suparti, termasuk yang kuran menyenangkan. Semua di hadapi dengan tegar karena telah menjadi amanah dan ujian yang harus di jalaninya. “ diuji karena mau naik kelas. Segaka yang terjadi atas kehendaknya yang maha kuasa,” tukasnya.

Oleh karena itu, suparti tidak putus asa menghadapi semuanya. Ikhtiar maksimal dan pasrah kepada sang maha berkehendak itulah yang di lakukannya untuk menjaga dan membesarkannya UT jember ini. Meski, keluargabya saat itu, khususnya anak dan menantunya, kurang suka bila dirinya berdinas di jember.

Namun, anak – anaknya tidak bisa berkutik karena kegigihan ibundanya bahwa sebagai abdi negara pantang menolak tugas. “ anak – anak saya hanya khawatir karena di jember di jember saya sendirian,” ujarnya. Dengan keyakinan yang sangat kuat dari suparti kepada anak – anaknya, akhirnya anak – anaknya pasrah.

“ Alhamdulillah doa saya dan keluarga di kabulkan tuhan. Saya disini banyak teman, mulai teman – teman staf yang saya kenal sebelumnya maupun yang baru kenal serta teman – teman guru berprestasi yang dulu pernah belajar bersama di Surabaya serta teman se kelas saat bekajar s-2 dan s-3 di UM malang yang menjadi dosen di unej ini,” katanya. (*/c1 )

SUMBER: RADAR JEMBER 18 DESENBER 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s